Profil

Berdirinya Politeknik Kelautan dan Perikanan Sidoarjo (Politeknik KP Sidoarjo) dilatar belakangi adanya keinginan untuk mencetak Sumberdaya Manusia (SDM) bidang kelautan dan perikanan yang kompeten, berdaya saing, dan unggul. Politeknik Kelautan dan Perikanan Sidoarjo merupakan Satuan Pendidikan Tinggi lingkup Kementerian Kelautan dan Perikanan yang menyelenggarakan pendidikan program Diploma III.

Pada tahun 1982, institusi ini, dibawah naungan Departemen Pertanian dengan status sebagai Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM) dan kemudian pada tahun 1987 menjadi Diklat Ahli Penyuluhan Pertanian Cluster Perikanan. Pada tahun 1990 berubah lagi menjadi Akademi Penyuluhan Pertanian (APP) Malang Jurusan Penyuluhan Perikanan yang berkedudukan di Sidoarjo. Perubahan status menjadi Akademi Perikanan Sidoarjo dimulai sejak tahun 1998 dengan membuka dua Jurusan  yaitu Teknologi Budidaya Perikanan dan Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan. Akademi Perikanan Sidoarjo diresmikan oleh Gubernur Jawa Timur Imam Utomo, pada tanggal 11 Nopember 1999.  Dengan lahirnya Departemen Kelautan dan Perikanan, maka sejak tahun 2000 Akademi Perikanan Sidoarjo berada dibawah naungan Departemen Kelautan dan Perikanan (sekarang menjadi Kementerian Kelautan dan Perikanan). Kemudian, melalui surat Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor : 1297/MPK.E/KL/2013 tanggal 30 Desember 2013, Akademi Perikanan Sidoarjo secara kelembagaan  berubah status menjadi Politeknik Kelautan  dan Perikanan Sidoarjo dengan lima program studi yaitu,

    Program Studi Teknik Budidaya Perikanan, Program Diploma III
    Program Studi Teknik Pengolahan Produk Perikanan, Program Diploma III
    Program Studi Teknik Penanganan Patologi Perikanan, Program Diploma III
    Program Studi Agribisnis Perikanan, Program Diploma III
    Program Studi Mekanisasi Perikanan, Program Diploma III

Animo masyarakat masuk Politeknik Kelautan dan Perikanan Sidoarjo tahun 2015 cukup tinggi dimana rasio jumlah pendaftar dengan yang diterima 1 : 7.  Saat ini Politeknik Kelautan dan Perikanan Sidoarjo telah menerima taruna/taruni sebanyak 18 angkatan (1.692 orang), dan meluluskan 15 angkatan (1.359 orang).